Kontestasi Politik Identitas Kiai (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa di Desa Pragaan Daya, Pragaan Sumenep)

  • Maisur Maisur

Abstract

Kiai merupakan sebuah sub kultur budaya masyarakat Pragaan Daya. Kiai sebagai pengasuh Pesantren menjadi tokoh sentral tidak saja sebagai pengelolaan Pesantren tetapi Kiai juga sebagai tokoh dan panutan masyarakat. Bahkan ada yang menyatakan bahwa Kiai di Pesantren bagaikan Raja-raja kecil yang mempunyai kekuasaan penuh atas masyarakat yang memberikan mandat kepadanya. Namun dalam dunia politik ketokohan Kiai tidak bisa disamakan dalam posisinya sebagai tokoh Pesantren. Hal ini bukan karena Kiai tidak layak untuk menjadi panutan dalam berpolitik, di mana kekuasaan adalah kewajiban kelompok (fardu kifayah), sehingga politik dijadikan sebagai wasilah/media tujuan dalam rangka mencapai kemashlahatan ummat.

Published
2022-03-15
How to Cite
MAISUR, Maisur. Kontestasi Politik Identitas Kiai (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa di Desa Pragaan Daya, Pragaan Sumenep). JSP: Jurnal Studi Pesantren, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 97-117, mar. 2022. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jsp/article/view/246>. Date accessed: 01 oct. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.