Implementasi Metode Ummi dalam Mengenalkan Makhorijul Huruf di TK Ar-Rahmah Sumenep
Keywords:
Ummi, Makhorijul HurufAbstract
Hasil kajian dan penelitian Yayasan Indonesia Mengaji, sebanyak 65% dari
jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam tidak bisa membaca
Al-qur'an. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran Al-Qur’an
yang lebih efektif dan inovatif, salah satunya metode Ummi. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari
orang-orang dan perilaku yang dapat diamati menggunakan tipe penelitian
deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data yang sesuai dan
menganalisis, menganalisis secara diskriptif dan menyimpulkannya.
Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa adanya kenaikan sebesar 22,5
poin atau 20.1% kemudahan siswa TK Ar Rahmah dalam mengenal
makhorijul huruf. Data ini juga menjukkan bahwa metode Ummi berjalan
dengan baik dan cocok bagi anak usia dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.