Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah
Abstract
Radikalisme dan ekstremisme beragama masih menjadi ancaman di Indonesia. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh pemahaman agama yang kaku dan ekslusif. Untuk itulah, pendidikan moderasi beragama merupakan keharusan dan semakin penting dalam konteks pendidikan di berbagai tingkatan sekolah. Artikel ini mengulas urgensi pendidikan moderasi beragama di sekolah sebagai respons terhadap meningkatnya perpecahan dan ekstremisme beragama di masyarakat. Pendidikan moderasi beragama bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang seimbang terhadap nilai-nilai agama, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan. Tulisan ini akan mengeksplorasi bagaimana pendidikan moderasi beragama dapat membantu mencegah polarisasi dan konflik yang timbul akibat interpretasi yang sempit atau ekstrem terhadap agama. Pendidikan moderasi beragama di sekolah dapat mencakup pendekatan yang mengedepankan pemahaman mendalam tentang ajaran agama, sejarah toleransi, dialog antaragama, serta pemberdayaan peserta didik untuk menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.