Strategi Pemasaran Islami Industri Rumahan Kerupuk Hj. Fatmina di Desa Moncek Tengah Lenteng Sumenep

  • Riza Anami Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep
  • Hidayatin Ilahi Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep
  • Ila Mar’ah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab persoalan tentang model strategi pemasaran kerupuk yang ada di Desa Moncek Tengah Dusun Kampong Embik dalam mengatasi persaingan industri rumahan yang begitu ketat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi kekuatan strategi pemasaran Islam Industri perumahan kerupuk Hj. Fatmina di Desa Moncek Tengah Dusun Kampong Embik, Lenteng Sumenep. Dalam proses pengumpulan, peneliti menggunakan Teknik observasi dan wawancara, sementara Teknik Analisa yang di gunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa model strategi pemasaran Islam menjadi salah satu metode dalam mempertahankan suatu produk di era globalisasi. Hal ini dikarenakan, strategi pemasaran islam yang baik dan benar  akan berdampak pada kelangsungan suatu produk. Startegi pemasaran islam yang di gunakan adalah marketing mix yang meliputi place, product, price, promotion. Place merupakan tempat yang dipilih dalam melakukan pemasaran. Pemilihan tempat yang tepat merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam pemasaran, produk merupakan barang yang dipasarkan, price merupakan harga yang ditentukan oleh produsen sedangkan promotion merupakan cara produsen dalam menawarkan barangnya.

Published
2022-03-15
How to Cite
ANAMI, Riza; ILAHI, Hidayatin; MAR’AH, Ila. Strategi Pemasaran Islami Industri Rumahan Kerupuk Hj. Fatmina di Desa Moncek Tengah Lenteng Sumenep. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 145-170, mar. 2022. ISSN 2621-1149. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/300>. Date accessed: 10 dec. 2022.
Section
Articles