Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU

  • Mohamamad Hosnan Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep
  • Abdul Halim Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep
  • Abdul Gani Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan Islam dalam membangun Ukhuwah Wathaniyah perspektif NU. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data untuk menggali dan memperoleh teori-teori atau konsep dalam buku dengan pendekatan pustaka (library research). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dengan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga terbentuk analisis ilmiah tentang isi pesan yang ada. Penelitian ini menunjukkan konsep Pendidikan Islam dalam membangun ukhuwah wathaniyah menurut perspektif NU adalah berpedoman pada sikap toleran, tasamuh, tawazun. Pendidikan NU lebih berwawasan pluralistik. Dan pendidikan NU mengatur hubungan antar manusia dalam tiga macam yang dikenal dengan tri ukhuwah. Hal ini menunjukkan bahwa NU memahami persaudaraan/kerukunan yang diajarkan oleh Islam. Dalam konteks kenegaraan, NU dengan konsep pendidikan ukhuwah wathaniyah mampu membekali masyarakat Indonesia lebih khusus lagi warga Nahdiyin sendiri lebih menyayangi Negara Indonesia.

Published
2021-09-15
How to Cite
HOSNAN, Mohamamad; HALIM, Abdul; GANI, Abdul. Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 302-325, sep. 2021. ISSN 2621-1149. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/214>. Date accessed: 27 may 2022.
Section
Articles