Sikap dan Pandangan Tokoh Pesantren Terhadap Kondisi Santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Putri Bakeong Guluk-Guluk Sumenep

  • Fairuzah Fairuzah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-GUluk Sumenep
  • Unsilah Unsilah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-GUluk Sumenep

Abstract

Penelitian ini menjelaskan sikap dan pandangan tokoh pesantren terhadap santri tahfidzul qur’an di pondok pesantren Nurul Hikmah Putri Bakeong Guluk-Guluk Sumenep. Dalam penelitian ini dibatasi pada masalah penting yang perlu diteliti, yaitu bagaimana kondisi santri tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Putri Bakeong Guluk-Guluk Sumenep? Bagaimana sikap dan pandangan tokoh pesantren terhadap kondisi santri tahfidz di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Putri Bakeong Guluk-Guluk Sumenep? Penulis menggunakan metode kualitatif-lapangan (field research) yaitu berupaya memaparkan penelitian dalam bentuk kata-kata, narasi, atau uraian-uraian dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada beberapa subyek. Kerangka teori yang digunakana adalah teorinya Peter L. Berger yaitu teori kontruksi sosial. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa kondisi santri tahfidz di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Putri adalah kurang lancar, kurang memahami, waktu yang cukup sedikit, rasa malas, dan lupa kepada ayat yang dihafalkannya. Selain itu, dukungan dari orangtua kurang maksimal, sebelum mendaftarkan menjadi santri tahfidz harus mampu membaca al-Quran dengan lancar, lulus dan menguasai kitab Nubdatul Bayan, adanya kajian kitab tafsir Jalalyn, dan adanya amalan khusus dalam menghafal al-Quran.

Published
2021-03-16
How to Cite
FAIRUZAH, Fairuzah; UNSILAH, Unsilah. Sikap dan Pandangan Tokoh Pesantren Terhadap Kondisi Santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Putri Bakeong Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 75-103, mar. 2021. ISSN 2621-1149. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/184>. Date accessed: 18 sep. 2021.
Section
Articles