Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan PSG (Pemulung Sampah Gaul) di SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

  • Ah Mutam Muchtar Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep
  • Masyhuri Masyhuri Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep

Abstract

Ada  tiga permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, Pertama, apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan komunitas PSG (Pemulung Sampah Gaul) di SMA 3 Annuqayah Guluk- Guluk Timur, Sumenep. Kedua, bagaimana peran PSG (Pemulung Sampah Gaul) dalam pembentukan karakter anggotanya. Ketiga, bagaimana konsep kegiatan PSG (Pemulung Sampah Gaul) untuk penanaman nilai-nilai karakter terhadap anggotanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan  komunitas PSG  (Pemulung Sampah Gaul) yaitu sikap kepedulian serta tanggung jawab yang tinggi terhadap lingkungan, solidaritas dan kepekaan sosial, kreativitas, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua, peran PSG (Pemulung Sampah Gaul) dalam pembentukan karakter anggotanya yaitu menjadi wadah penyaluran minat dan bakat siswa, memfasilitasi pengembangan potensi siswa dan menjadi ruang bagi anggotanya memahami arti solidaritas terhadap sesama dan membuat anggotanya lebih peka terhadap lingkungan. Ketiga, konsep kegiatan PSG (Pemulung Sampah Gaul) untuk penanaman nilai-nilai karakter dirancang dengan tujuan memberikan pemahaman terhadap isu-isu lingkungan dan mengarahkan anggotanya menjadi generasi berkarakter seperti : memulung sampah plastik dan mengolahnya menjadi kerajinan, menanam bibit bahan pangan lokal seperti umbi-umbian dan ketela kemudian diolah menjadi makanan, membuat pupuk organik tanpa baha kimi, reboisasi dan kajian/seminar lingkungan.

Published
2020-09-15
How to Cite
MUCHTAR, Ah Mutam; MASYHURI, Masyhuri. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan PSG (Pemulung Sampah Gaul) di SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 279-300, sep. 2020. ISSN 2621-1149. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/163>. Date accessed: 16 may 2021.
Section
Articles