Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Fitur dan Keamanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep

  • Putri Amalia Institut Ilmu Keislaman Annuqayah
  • Anna Zakiyah Hastriana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah respon emosional yang dirasakan pelanggan ketika mereka menikmati pengalaman menggunakan suatu produk/jasa. Industri perbankan menyediakan fasilitas m-banking untuk kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kegunaan, kemudahan penggunaan fitur, dan keamanan. Penelitian ini memiliki 4 rumusan pertanyaan, yaitu: (1) Apakah manfaat m-banking berpengaruh pada kepuasan nasabah dalam bertransaksi? (2) Apakah kemudahan m-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah? , (3) Apakah fitur m-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi? , (4) Apakah keamanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan transaksi nasabah? Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep yang menggunakan mbanking Bank Syariah Indonesia. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan digunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemanfaatan, kemudahan, fitur dan keamanan m-banking positif signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemanfaatan m-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertaransaksi pada Bank Syariah KCP Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kemanfaatan m-banking sebesar 0,034 < 0,05 (sig < α=5%). (2) Kemudahan m-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertaransaksi pada Bank Syariah KCP Sumenep. Hal ini iv iv dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel Kemudahan m-banking sebesar 0,040 < 0,05 (sig < α=5%). (3) Fitur m-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertaransaksi pada Bank Syariah KCP Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel fitu m-banking sebesar 0,028 < 0,05 (sig < α=5%). Dan (4) Kemananan m-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertaransaksi pada Bank Syariah KCP Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kemananan m-banking sebesar 0,036 < 0,05 (sig < α=5%). Maka dapat disimpulkam dalam penelitian ini bahwa kemanfatan, kemudahan, fitur dan keamanan m-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabaha dalam bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep

Published
2022-09-13
How to Cite
AMALIA, Putri; HASTRIANA, Anna Zakiyah. Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Fitur dan Keamanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep. Alkasb: Journal of Islamic Economics, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 68-75, sep. 2022. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/alkasb/article/view/275>. Date accessed: 01 oct. 2022.
Section
Articles