Digital Marketing dan Digital Fundraising dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Membayar ZIS di Baznas Kabupaten Sumenep

  • Maisiyah Maisiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah
  • Muktir Rahman Institut Ilmu Keislaman Annuqayah

Abstract

Zakat merupakan rukun Islam ketiga yang wajib ditunaikan oleh setiap umat muslim sebagai wujud ketaatan terhadap Allah SWT serta sarana dalam menyetarakan keadilan pendapatan diseluruh kalangan masyarakat. BAZNAS selaku pengelola zakat melakukan sebuah terobosan baru dalam program zakat dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu pemasaran digital (digital marketing) dan penghimpunan zakat (digital fundraising) yang dapat dilakukan secara online.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran digital marketing dan digital fundraising dalam meningkatkan minat masyarakat membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif dimana penelitian ini dilakukan secara langsung terjun kelapangan untuk menggambarkan secara terperinci fenomena-fenomena tertentu dan kemudian menganalisisnya sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dan instrument pengumpulan data adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah digitalisasi zakat berperan sebagai metode pengumpulan dan zakat secara digital yang lebih memudahkan BAZNAS Sumenep dan para Muzakki dalam menghemat waktu serta biaya. Juga membuat pengumpulan dana zakat menjadi lebih transparan, efektif dan efisisen.Untuk implementasi digitalisasi zakat pada BAZNAS Sumenep yaitu melalui transfer via bank, website, scan kode QR, dan social media (Facebook,WhatsApp dan Instagram).Sistem digitalisasi dari website dan QR code manfaatnya belum maksimal baik dari BAZNAS Sumenep maupun masyarakat, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan promosi yang dilakukan BAZNAS Sumenep terhadap masyarakat mengenai system digital juga ada sebagian masyarakat belum memiliki keinginan untuk membayarkan zakatnya secara digital.

Published
2022-09-13
How to Cite
MAISIYAH, Maisiyah; RAHMAN, Muktir. Digital Marketing dan Digital Fundraising dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Membayar ZIS di Baznas Kabupaten Sumenep. Alkasb: Journal of Islamic Economics, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 54-67, sep. 2022. Available at: <https://jurnal.instika.ac.id/index.php/alkasb/article/view/274>. Date accessed: 01 oct. 2022.
Section
Articles