Analisis Dampak Maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020 terhadap Sektor Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Rombiya Timur

  • Abdul Wahid Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep
  • Ach. Hamdan MI al-Barakah Rombiya Timur, Ganding, Sumenep

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak maklumat Kapolri nomor MAK/2/III/2020, yang salah satunya adalah larangan untuk melakukan kegiatan yang membuat berkumpulnya massa, untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan virus covid 19 semakin meluas. Akibatnya proses KBM di berbagai sekolah tidak diperbolehkan dilaksanakan secara tatap muka. Pemerintah menganjurkan KBM dilakukan sistem daring, termasuk juga di yang terjadi di Desa Rombiya Timur. Berbagai persoalan mulai muncul seiring dengan diberlakukannya aturan dari pemerintah. Dampak dari maklumat Kapolri tentang larangan berkumpul secara massal telah merembet ke berbagai lini kehidupan masyarakat, baik ekonomi, sosial, politik, dan termasuk juga pendidikan. Dampak dalam sektor pendidikan ini yang menjadi fokus penelitian dalam tulisan ini, baik dampak bagi guru, siswa, orang tua atau pendidikan secara lebih luas. Termasuk juga bagaimana langkah strategis dalam menghadapi persoalan tersebut.

Published
2020-09-15
How to Cite
WAHID, Abdul; HAMDAN, Ach.. Analisis Dampak Maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020 terhadap Sektor Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Rombiya Timur. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 255-278, sep. 2020. ISSN 2621-1149. Available at: <http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/164>. Date accessed: 15 apr. 2021.
Section
Articles