Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

  • Mohammad Hosnan Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Sumenep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang integrasi pendidikan Islam yang dipraktikkan di lembaga sekolah, madrasah, pesantren, dan PTKI. Secara khusus, penelitian ini mengambil studi kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, yang merupakan salah satu pesantren tua yang bercorak semi modern. Penelitian ini sangat penting karena selama ini terjadi dikotomi keilmuan, antara ilmu agama dan ilmu umum sehingga menimbulkan permasalahan dalam ranah pendidikan Islam. Dampak dikotomi ilmu ini begitu sangat luas dan memengaruhi cara pandang masyarakat tentang ilmu. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Annuqayah telah menerapkan integrasi ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di dunia pesantren. Artinya, bahwa pendidikan di Annuqayah sama sekali tidak mendikotomikan ilmu tertentu. Antara ilmu agama dan ilmu umum sama-sama merupakan ilmu Allah yang bisa menjadi jalan bagi manusia untuk lebih dekat kepada Allah.

Published
2020-03-15
How to Cite
HOSNAN, Mohammad. Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 126-146, mar. 2020. ISSN 2621-1149. Available at: <http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/148>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles