Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs.Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep)

  • Ah Mutam Muchtar Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Sumenep

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran materi Aswaja di MTs Miftahul Ihsan Pragaan Sumenep. Implementasi ini sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman Islam wasatiyah di kalangan siswa sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam aliran atau paham takfiri yang radikal. Dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan implementasi materi Aswaja di MTs. Miftahul Ihsan, Desa Sentol Daya dilakukan melalui tiga tahapan meliputi perencanaan, kajian, evaluasi, sosialisasi terhadap wali murid, serta legalisasi ke Kemenag. Selain itu, penerapan materi Aswaja ini berkontribusi dalam menambah pemahaman peserta didik tentang Islam Wasatiyah meliputi bagaimana sejarahnya, paham keagamaan yang dianut, ajaran amaliyah-nya, serta paham-paham lain yang bertentangan dengan Aswaja atau Islam Wasatiyah.

Published
2019-09-15
How to Cite
MUCHTAR, Ah Mutam. Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs.Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep). Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 328-352, sep. 2019. ISSN 2621-1149. Available at: <http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/122>. Date accessed: 21 sep. 2020.
Section
Articles