Peningkatan Pengawasan Sekolah/Madrasah dalam Bidang Pembelajaran

Studi Analisis Terhadap Kinerja Pengawas Sekolah/Madrasah di Kabupaten Pamekasan

  • Fathor Rachman Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Sumenep

Abstract

Pengawasan pendidikan menduduki peran penting dalam upaya penjaminan mutu pendidikan khususnya dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan. Sayangnya fungsi kepengawasan kurang dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Halsi penelitian meunjukkan bahwa peran dan kinerja pengawas sekolah/madrasah masih kurang maksimal seiring dengan terbatasnya tenaga pengawas yang ada. Di samping itu, kurang fahamnya secara detail tugas, kewajiban, dan tanggung jawab pengawasan merupakan persoalan tersendiri, selain persoalan lemahnya kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh pengawas. Upaya peningkatan kinerja kepengawasan di bidang pembelajaran perlu dikembangkan solusi alternatif sebagai pemecahan terhadap persoalan kepengawasan. Untuk meingkatkan kinerja pengawas, maka ke depan perlu dilakukan pengawasan berbasis guru, peningkatan pelaksanaan supervisi klinis dan perlu ada pengembangan model pengawasan SAIKEM (Pengawasan Sendiri, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), agar kinerja pengawas lebih maksimal.

Published
2019-03-15
How to Cite
RACHMAN, Fathor. Peningkatan Pengawasan Sekolah/Madrasah dalam Bidang Pembelajaran. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 243-307, mar. 2019. ISSN 2621-1149. Available at: <http://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/107>. Date accessed: 24 sep. 2019.
Section
Articles